Kamis, 01 September 2016 - 14:03:34 WIB
Sore Ini Lampung Di lewati Gerhana Matahari Cincin
Diposting oleh : Riswanto
Kategori: PENDIDIKAN FISIKA - Dibaca: 289 kali

Tahun 2016 ini, merupakan tahun yang dapat kita sebut sebagai tahunnya fenomena gerhana matahari. Pada bulan maret yang lalu, telah kita saksikan gerhana matahari total yang melewati Indonesia di beberapa daerah seperti palembang, pontianak, dan kota-kota lainnya. Seperti yang dilansir gerhana.info, menyebutkan bahwa wilayah bandar lampung dan sekitarnya akan dilewati fenomena GMC (gerhana matahari cincin) pada pukul 17:30:27 dan berakhir pada pukul 18:19:55*. Bagi mahasiswa yang berminat menyaksikan gerhana matahari cincin (GMC), maka bersiap-siap untuk duduk dan mengamati gerhana pada pada sore ini.

Tahukah kalian apakah itu fenomena GMC
Peristiwa Gerhana terjadi ketika posisi matahari bulan dan bumi berda pada satu garis lurus. Fenaomena GMC merupakan fenomena yang mirip dengan fenomena GMT (Gerhana Matahari Total). Hanya saja yang membedakan kedua peristiwa ini yaitu posisi atau jarak antara matahari-bulan-bumi. Jika pada fenomena GMT jarak bulan-bumi realltif lebih dekat sehingga menghasilkan kesan bayangan matahari tertutup penuh oleh bulan. Sedangkan pada fenomena GMC jarak bulan-bumi relatif lebih jauh sehingga menghasilkan kesan bayangan bulan hanya menutupi bagian tengah matahari yang memiliki bentuk menyerupai cincin.

Setiap fenomena alam yang ada merupakan berkah keindahan alam yang diciptakan oleh Alloh SWT, maka bersyukur dan bersujudlah dihadaplah Alloh Pencipta ALam Semesta.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)