Rabu, 06 Desember 2017 - 08:59:03 WIB
Momen Supermoon, Prodi Pendidikan Fisika UM Metro Gelar Pengamatan Bulan
Diposting oleh : Riswanto
Kategori: PENDIDIKAN FISIKA - Dibaca: 17598 kali

Dilansir dari BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) bahwa pada tanggal 03 Desember 2017 merupakan puncak terjadinya peristiwa supermoon. Untuk itu sebagai upaya pemanfaatan sumber belajar yang ada, prodi pendidikan fisika mengadakan pengamatan bulan bersama. Kegiatan pengamatan dilakukan pada hari selasa malam tanggal 05 Desember 2017.

 

Aktivitas observasi bulan

Riswanto, M.Pd.Si seorang dosen pendidikan fisika UM Metro, mengungkapkan “pengamatan ini merupakan bagian dari kegiatan observasi bulan yang merupakan salah satu kegiatan rutin praktikum mata kuliah astronomi” Dia juga menjelaskan bahwa peristiwa supermoon terjadi karena pada saat ini posisi bulan berada pada kondisi perihelium atau posisi bulan yang dekat dengan bumi. Ukuran bulan akan terlihat lebih besar pada saat bulan memasuki fase bulan purnama.

 

Kegiatan pengamatan ini diikuti oleh mahasiswa dan juga dosen prodi pendidikan fisika UM Metro. Dini Anggraini selaku ketua IMAFIS menuturkan bahwa “pengamatan bulan sangat menarik, dari pengamatan langsung saya bisa melihat dengan jelas permukaan bulan yang tidak rata seperti ada benjolan-benjolan. Namun sayang sekali kami juga harus menunggu lama untuk melihat bulan, karena pada saat pengamatan bulan tertutup awan. Tapi semuanya berakhir dengan bahagia, bulan muncul dengan cerah kembali pada pukul 22:00, sehingga kami semua bisa melihat bulan dengan jelas menggunakan teleskop”

 

“Kegiatan pengamatan dilakukan dengan pendampingan dari dua asisten saya yaitu Dwi Novhita dan Mona lisa. Saya menggucapkan terima kasih karena sudah berupaya dengan keras untuk mempersiapkan kegiatan praktikum pengamatan bulan” Tegas Riswanto M.Pd.Si yang juga merupakan dosen pengampu mata kuliah Astronomi. Dia juga menambahkan bahwa selama proses pengamatan bulan, seluruh mahasiswa telah diberikan lembar kerja observasi dan memotret hasil pengamatan, termasuk menentukan posisi azimut maupun altitude bulan pada saat pengamatan berlangsung.

 

Kedua asisten pak Ris (dwi dan mona) begitu panggilan akrabnya mengungkapkan “kami sangat bersyukur, malam ini kami bisa melangsungkan kegiatan pengamatan ini dengan lancar, walaupun awalnya kami sedikit ragu karena pada siang hari ini turun hujan dan sorenya juga terlihat awan yang begitu tebal menutupi bulan, namun sedikit malam kemudian bulan muncul cukup cerah. Dengan adanya kegiatan praktikum observasi bulan untuk mata kuliah astronomi, telah memberikan kami banyak pengalaman tentang tata cara mengobservasi bulan dengan benar. Semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua”

Citra foto bulan tanpa filter (pukul 22:00 WIB, 05 Des 2017)

 

Citra foto bulan dengan filter moon (pukul 22:10, 05 Des 2017)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)