Rabu, 27 Februari 2019 - 12:23:39 WIB
Dosen UAD Yogyakarta Ajak Mahasiswa UM Metro Lebih Akrab dengan Arduino
Diposting oleh : Riswanto
Kategori: PENDIDIKAN FISIKA - Dibaca: 16902 kali

Metro. Nanang Suwondo, M.Pd.Si dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarata kunjungi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) pada Selasa(26/02/19). Kedatangan dosen UAD ini selain beri arahan mahasiswa mengenai kegiatan akademik perkuliahan juga mengajak mahasiswa Pendidikan Fisika mengenal lebih dekat dengan komponen elektronika yaitu arduino.

“Arduino adalah komponen murah yang mudah didapatkan disekitar kita baik secara offline maupun online dan harganya pun dapat dijangkau oleh kantong mahasiswa. Kegunaan dari komponen ini sangatlah kompleks baik dibidang fisika sendiri dan bidang keahlian lainnya seperti kesehatan, ilmu biologi dan sebagainya. Saya mempunyai mahasiswa bimbingan yang berkolaborasi dengan mahasiswa bidang kesehatan mereka membuat alat pendeteksi bayi mengompol menggunakan arduino yang dilengkapi sensor yang diletakkan di inkubator jadi tanpa memeriksanya kita sudah bisa mengetahui bayi tersebut mengompol” , Tutur Dosen UAD ini.

Ide-ide luar biasa disampaikan oleh Nanang Suwondo,M.Pd.Si selama memberi arahan pada mahasiswa Pendidikan Fisika yang membuat mahasiswa yang mendengarnya tertarik serta terkagum-kagum dengan pemikiran yang disampaikan. Tidak hanya mahasiswa yang terkagum-kagum dengan idenya, namun dosen Pendidikan Fisika yang berada diruangan tersebut pun ikut antusias dengan pembicaraan tersebut.

M. Barkah Salim, M.Pd.Si selaku dosen Pendidikan Fisika UM Metro menuturkan arduino merupakan komponen elektronika yang telah lama dikenal dikalangan mahasiswa Pendidikan Fisika, namun arduino belum bisa dikembangkan secara maksimal seperti apa yang dikatakan oleh dosen UAD tersebut. Menurut dosen Pendidikan Fisika ini ide dari Nanang Suwondo,M.Pd.Si merupakan ide yang luar biasa bahkan dia sendiri belum sampai terfikir sejauh itu untuk mengembangkan arduino.Penyataan ini disampaikan oleh beliau pada saat menutup acara.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)