Selasa, 11 Oktober 2016 - 20:35:54 WIB
Kabar Menggembirakan kini Jurnal Pendidikan Fisika (JPF) UM Metro Telah Terindeks DOAJ
Diposting oleh : Riswanto
Kategori: Jurnal Pendidikan Fisika JPF (OJS) - Dibaca: 498 kali

Jurnal Pendidikan Fisika atau biasa kami menyebutnya dengan singkatan JPF. Jurnal pendidikan fisika dengan (p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838) terbit 2 kali selama satu tahun yaitu pada bulan maret dan bulan september. Terbitan pertama kali dimulai pada tahun 2013. Pada tanggal 10 Oktober 2016, Senin kemarin merupakan hari yang menggembirakan bagi pengelola jurnal JPF khususnya dan seluruh dosen pendidikan fisika pada umumnya. Pasalnya setelah sekian bulan menunggu akhirnya JPF (jurnal pendidikan fisika) sudah terindeks di DOAJ. Lalu apakah itu DOAJ sehingga kabar ini membuat kami merasa gembira dan apakah hubungan dengan terindeks SCOPUS.

Direktori Open Access Jurnal (DOAJ) adalah salah satu dari daftar jurnal yang paling terkenal. indeks umum yang berguna untuk orang-orang yang melakukan pencarian luas untuk konten penelitian yang dicari. Indeks lain melangkah lebih jauh, dan tidak hanya mencakup daftar judul, tetapi juga memungkinkan untuk mencari artikel individu. Indeks digunakan untuk pencarian yang lebih tepat, sering didasarkan pada kata kunci atau istilah subjek. Web of Science (WOS) adalah contoh yang baik dari layanan pengindeksan utama. Hal ini sangat penting untuk mengetahui bahwa beberapa indeks yang tersedia secara bebas di web (seperti DOAJ), dan bahwa orang lain (seperti wos) tidak, dan memerlukan biaya untuk menggunakan (atau harus diakses melalui perpustakaan setempat, yang membayar biaya untuk Anda). Selain itu, beberapa indeks sebagai indikator keberhasilan daripada journal yang lain, dan sebagai ukuran yang mencerminkan kualitas publikasi Anda (sumber:http://pkpschool.sfu.ca/)

Terindeksnya jurnal pendidikan fisika dalam database index DOAJ tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri. Karena JPF akan mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Target berikutnya yang mulai dikerjakan tim pengelola jurnal pendidikan fisika yaitu mengusahakan agar JPF dapat terindeks oleh SCOPUS dan sampai pada target akhirnya yaitu menjadi jurnal terakreditasi secara nasional. selain itu kami juga mengajak kepada seluruh alumni, guru, mahasiswa, peneliti dalam bidang fisika maupun pendidikan fisika untuk dapat berkontribusi mempublikasikan karyanya melalui jurnal pendidikan Fisika dengan cara mengirim email ke alamat berikut ini arifaththibby@gmail.com (subject: Nama_judul penelitian), and cc: jpfummetro@gmail.com




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)